MUROJAAH HADITS: Jum’at

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :

  1. أَبْغَضُ الرِّجَالِ إِلَى اللَّهِ الْأَلَدُّ الْخَصِمُ .(رواه البخاري)
  2. أَبْغَضُ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ ثَلَاثَةٌ مُلْحِدٌ فِي الْحَرَمِ, وَمُبْتَغٍ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةَ الْجَاهِلِيَّةِ,  وَمُطَّلِبُ دَمِ امْرِئٍ بِغَيْرِحَقٍّ لِيُهَرِيقَ دَمَه.(رواه البخاري)
  3. أَتَدْرُونَ مَا الْغِيبَةُ قَالُوا اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ ذِكْرُكَ أَخَاكَ بِمَا يَكْرَهُ.(رواه مسلم)
  4. اِتَّقِ اللَّهَ حَيْثُمَ كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ.(رَوَاهُ التِّرْمِذِي)
  5. إِتَّقِ دَعْوَةَ الْمَظْلُوْمِ , فَإِنَّهَا لَيْسَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ اللهِ حِجَابٌ. (رواه البخاري) 

1.    Sesungguhnya orang yang paling dimurkai Allah adalah orang yang paling keras permusuhannya dan yang suka berdebat. (HR.Bukhari).

2.    Manusia yang paling dibenci oleh Allah ada tiga: seseorang yang berbuat kerusakan di tanah haram, melakukan ajaran Jahiliyah dalam Islam, dan ingin menumpahkan darah orang lain tanpa jalan yang benar. (HR.Bukhari ).

3.    Tahukah kalian, apakah ghibah/gosip itu?”, Para sahabat menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.”. Kemudian Rasulullah bersabda, “Ghibah adalah kamu membicarakan saudaramu mengenai sesuatu yang tidak dia sukai.” (HR.Muslim)

4.    Bertaqwalah kepada Allah dimanapun engkau berada. Iringilah keburukan dengan kebaikan, niscaya kebaikan tersebut akan menghapus keburukannya. Dan bergaulah dengan manusia, dengan akhlak yang baik. (HR.Tirmidzi).

5.    Takutlah kamu terhadap doa seorang yang terdzalimi, karena doa tersebut tidak ada hijab (penghalang) diantara dia dengan Allah. (HR.Bukhari)

(Dinukil dari Kitab Kurikulum Hafalan 400 hadits PP Alburuj).

Semoga Allah memberkahi umur kita sekeluarga penuh kesehatan, ketaatan dan manfaat bagi umat. Amiiin

About Author: admin